Ingin Lakukan Test Drive, Jangan Lupa 6 Langkah Ini

OTOBERITA.com - Ketika ingin membeli mobil idaman, jangan lupa lakukan test drive baik itu kendaraan kondisi baru atau bekas. Cara ini untuk memastikan bahwa kendaraan masih berfungsi dengan baik tanpa adanya kendala. Dengan melakukan beberapa langkah test drive anda dapat merasakan, apakah mobil yang anda inginkan tersebut cocok sesuai dengan pilihan?

Berikut di bawah ini 6 langkah melakukan test drive mobil yang cukup penting, maka jangan sampai anda melewatkannya.

1.Atur Posisi Yang Tepat

Posisi Duduk Yang Nyaman di Mobil Bagian Pengemudi

Perlu diperhatikan ketika ingin melakukan test drive secara optimal, pastikan anda terlebih dahulu mengatur posisi duduk dan setir sesuai dengan kenyamanan.

Jangan lupa juga mengatur posisi setelan naik turun pada setir, tujuannya agar pas dengan posisi badan dan tangan. Sehingga anda bisa memastikan fungsi fitur itu masih bekerja dengan baik tanpa adanya kendala atau kerusakan.

2. Mulai Menyalakan Mesin

Cara Menyalakan Mobil Yang Benar

Hal yang begitu sepele tapi banyak orang yang selalu melewatkan, bagaimana cara menyalakan mesin mobil yang benar dan tepat? maka sebelum anda mulai menyalakan mesin, alangkah baiknya jangan langsung pada kondisi men-starter mobil, melainkan tinggalkan dahulu pada posisi "ON" terlebih dahulu.

Namun jangan lupa perhatikan juga lampu indikator yang menyala, pastikan beberapa lampu indikator pendukung lainnya mati, kemudian barulah anda mulai starter mobil. Apabila ada beberapa lampu indikator yang tetap menyala, ini tandanya ada masalah pada mobil tersebut dan perlu diperbaiki.

3. Perhatikan Bunyi Pada Mesin Kendaraan

Mendengarkan Bunyi Mesin Mobil

Setelah anda menyalakan mesin, buka kaca jendela pengemudi mobil kemudian coba anda dengarkan bunyi mesin secara seksama. Pastikan suara mesin normal tanpa adanya bunyi yang tidak wajar. Hal ini berlaku pada saat mesin mobil masih dalam keadaan dingin, cara ini cukup tepat untuk mendengarkan suara mesin bila terjadi bunyi yang tidak wajar, dipastikan ada masalah pada mesin mobil incaran anda.

4. Jangan Lupa Memeriksa Transmisi

Memeriksa Transmisi Berfungsikah

Poin keempat yang perlu anda perhatikan yaitu memeriksa transmisi mobil. Bagaimana kinerja transmisi ketika mobil mau dijalankan? Pada mobil bertransmisi otomatis, pindahan transmisi ke setiap posisi yang telah ada. Pastikan tidak ada jeda yang terlalu lama atau sentakan yang cukup keras disetiap perpindahan transmisi.

Sedangkan untuk transmisi manual, pastikan setiap perpindahan transmisi tidak ada "Selip" alias tersangkut serta kondisi kopling saat diinjak tidak terasa begitu dalam.

5. Melakukan Test Drive dengan Benar dan Tepat

Melakukan Test Drive Mobil dengan Benar

Setelah anda memeriksa keadaan transmisi, selanjutnya anda perlu mengenakan sabuk pengaman dan mulai menjalankan mobil. Biarkan kaca jendela bagian pengemudi terbuka, tujuannya agar anda bisa mendengar dengan seksama bunyi yang tidak wajar saat melakukan test drive mobil. Berikut di bawah ini hal yang perlu anda perhatikan :

  • Cek fungsi kaki-kaki dengan mencoba melewati jalanan yang tidak begitu rata.
  • Perhatikan kondisi rem bisa berfungsi dengan baik dan pakem.
  • Belokkan setir kemudi ke kanan dan kiri, pastikan tidak ada bunyi, terasa berat atau bantingan kurang nyaman.
  • Lepaskan setir kemudi sesekali, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah setir condong ke kiri atau ke kanan.
  • Pastikan perpindahan transmisi bekerja dengan baik tanpa adanya selip atau telat tidak bertenaga.


6. Perhatikan Beberapa Lampu Indikator

Lampu Indikator Mobil

Setelah anda melakukan test drive dengan benar, kemudian coba anda matikan mesin mobil dan mulai menunggu beberapa menit dan coba untuk menyalakan mesin mobil kembali. Perhatikan beberapa lampu indikator ada yang menyala. Hal ini perlu dilakukan sebab biasanya ada masalah tersembunyi ketika kendaraan sudah dibawa untuk jalan-jalan.

Pastikan kondisi mobil dan Kecocokan Terhadap mobil incaran


Itulah di atas mengenai 6 langkah yang tepat sebelum melakukan test drive dengan benar. Semoga ulasan tersebut bisa menambah wawasan anda saat melakukan test drive mobil pilihan lainnya.

Jangan lupa setelah kondisi mobil baik-baik saja, yang paling penting ialah kecocokan anda terhadap mobil incaran tersebut. Bagaimana kenyamanan berkendara dengan mobil itu? Baca juga 5 Dokumen Penting Jual Beli Mobil Saat Melakukan Transaksi.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama