Ingin Beli Mobil Klasik Bekas? Cek 5 Hal Penting

OTOBERITA.com - Apakah sobat otoberita salah satu pecinta mobil klasik? Atau Sobat berencana Ingin beli mobil klasik bekas? Memang mobil klasik atau antik merupakan sebuah mobil yang berdesain kuno alias Tua. Jadi modelnya sangatlah klasik bila dibandingkan mobil modern saat ini. Bahkan ada pula mobil Klasik Tua yang hingga kini masih menjadi primadona sebut saja Volkswagen Combi dan Volkswagen Beetle produksi tahun 1960. Apalagi mobil klasik itu mendapatkan beberapa modifikasi dibagian mesin dan interior pasti menjadi lebih unik dari yang lainnya.

Mengingat harga mobil klasik semakin orisinil pasti harganya lumayan mahal daripada sudah di modifikasi yang meninggalkan ke orisinilannya. Atau bisa di bilang banyak perubahan baik di bagian bodi mobil atau kemampuan mesin klasik tersebut.

Namun sebelum sobat otoberita memutuskan beli mobil klasik antik bekas, alangkah baiknya cek 5 titik penting berikut di bawah ini agar nantinya mendapatkan unit mobil klasik berkualitas dan tidak rugi di kemudian hari.

Ingin Beli Mobil Klasik Antik, Jangan Lupa 5 Hal Penting Ini

1. Cek Bagian Sasis dan Kaki-Kaki Mobil


Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan sebelum beli mobil klasik yaitu bagian sasis dan kaki-kaki mobil. Komponen tersebut memang yang paling vital, sebab cenderung sudah mulai ringkih sehingga dipastikan bisa bermasalah ketika melaju di jalan beraspal.

Sangat disarankan untuk mengecek secara khusus bagian sasis dan kaki-kaki mobil agar mengetahui kondisi mobil sepenuhnya mulai dari depan hingga belakang.

2. Cek Bagian Knalpot


Perlu di amati juga di bagian knalpot mobil klasik bekas, sebab indikasi mesin bermasalah atau mesin masih dalam kondisi prima bisa dilihat dari gas buangan yang keluar di knalpot. Anatara lain bila knalpot sedikit mengeluarkan air, maka dipastikan tidak ada kebocoran oli atau rembesan.

Jangan lupa uji kendaraan tersebut beberapa menit untuk mengetahui emisinya. Mesin mobil yang masih prima biasanya knalpot tidak basah dan temperatur mobil dalam keadaan normal.

3. Cek Bagian Karburator


Perlu di ingat bahwa mobil klasik atau mobil lawas era di bawah tahun 1970 belum menggunakan teknologi injeksi, sehingga masih memakai karburator. Fungsi karburator ialah mencampur udara dan bahan bakar yang digunakan untuk proses pembakaran yang sempurna di ruang bakar mesin.

Pastikan kondisi karburator mobil itu masih terawat dengan baik dan terlihat mulus, karena karburator yang soak berdampak buruk pada mobil salah satunya penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

4. Cek Bagian Eksterior dan Interior Mobil Klasik


Pasti banyak yang berfikir merombak bagian interior dan eksterior mobil bukan masalah yang besar. Namun pada kenyataannya, merubah bagian eksterior mobil jauh lebih banyak mengeluarkan biaya daripada hanya mengganti beberapa onderdil atau komponen mobil yang sudah mulai usang.

Sehingga anda perlu mempertimbangkan dahulu secara matang, baik itu mengenai kondisi mesin atau badan mobil serta mencari tahu tafsiran biaya yang dikeluarkan nantinya bila terjadi kerusakan.

5. Surat Kelengkapan Mobil Klasik


Dan yang paling terakhir ialah anda perlu mengecek surat kelengkapan dan berkas mobil klasik. Poin ini yang paling penting, jangan sampai anda tergiur dengan harga mobil klasik murah karena salah satu kelengkapan suratnya meliputi STNK dan BPKB tidak ada, bisa jadi termasuk mobil bodong atau hasil rampasan.

Apabila mobil klasik incaran anda keluaran tahun di bawah 1970, pastikan adanya boekpass. Boekpass merupakan sertifikat kendaraan bermotor yang mana sebelum dikeluarkan surat BPKB.

Itulah tips mengenai pengecekan mobil klasik yang paling penting sebelum di beli. Perlu digaris bawahi beli mobil klasik lawas ini selain nantinya butuh perawatan extra agar bila dijual kembali harganya masih pantas. Be Smart Buyer!

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama