Bingung Mau Beli Mobil Bekas atau Baru? Coba Baca 5 Hal Ini

OTOBERITA.com - Ketika anda ingin membeli sebuah unit mobil, pasti bingung antara memilih mobil bekas atau mobil baru. Mengingat selalu ada model terbaru di setiap tahunnya, serta harga mobil baru relatif lebih mahal, yang mana membuat anda menjadi memutuskan untuk beralih saja membeli mobil bekas.

Namun, bila anda jeli dalam memilih mobil bekas tentu akan mendapatkan unit mobil second yang berkualitas serta terawat dengan baik. Bahkan kinerja mobil masih layak seperti mobil baru pada umumnya. Ditambah lagi harga mobil bekas relatif murah dan terjangkau.

Sebelum anda membeli mobil bekas berkualitas, alangkah baiknya coba pertimbangkan 5 kelebihan memilih mobil bekas sebagai alat transportasi penunjang mobilitas.

Mobil bekas atau baru

1. Fitur dan Kualitas Mobil Bekas


Perlu di ingat dengan adanya budget yang terbilang sama, anda bisa mendapatkan unit mobil dengan segudang fitur serta kualitas lebih baik jika memilih untuk beli mobil bekas. Semisal anda memilih beli mobil murah jenis LCGC (Low Cost Green Car) yang mana kini lagi banyak peminatnya kalangan menengah.

Konsumen lebih pilih mobil LCGC baru dikarenakan harga mobil tersebut cukup murah dan terjangkau pastinya. Tapi ada kekurangan pada mobil LCGC pada umumnya memakai pelat bodi, bumper dari plastik yang terkesan ringkih, serta tingkat kenyamanan mobil LCGC ketika dikemudikan terasa kurang.

Sehingga dengan kisaran harga yang relatif sama, memilih mobil bekas akan memberikan kualitas dan kenyamanan berkendaraa yang baik, meski anda tidak jadi mendapatkan unit mobil baru.

2. Harga Beli dan Jual Kembali Alias Resale Value


Alasan paling utama konsumen memilih beli mobil bekas yaitu harga yang jauh lebih rendah daripada mobil baru. Selain itu di sisi lain harga jual kembali mobil bekas ke depannya tidak mengalami penurunan yang signifikan, beda dengan mobil baru yang mengalami penyusutan nilai harga jual sekitar 20% di tahun pertamanya.

Dengan begitu membuat tangan pertama atau pemilik pertama mobil baru itu ketika menjual mobil kembali akan mengalami kerugian yang cukup banyak. Resale value inilah yang membuat konsumen banyak yang mempertimbangkan lebih baik membeli mobil bekas di pasaran.

3. Kredit dan Biaya Bulanan yang Relatif Rendah


Bagi anda sobat otoberita yang memilih beli mobil bekas secara kredit, tentu sudah memikirkan kelebihannya. Beda dengan anda membeli unit mobil terbaru pasti umumnya akan memberikan Down Payment alias DP yang cukup besar dikarenakan harga mobil yang mahal. Sedangkan premi asuransi bulanan pun akan membengkak.

Jika anda beli mobil bekas kredit, pasti akan mendapatkan tingkat bunga dari bank yang terkait kredit mobil bekas itu rendah. Sehingga dapat dipastikan harga mobil murah dan bunga bank rendah, tentu biaya bulanan yang anda tanggung jauh lebih ringan.
Baca juga : Beli Mobil Bekas Kredit Atau Tunai, Untung Mana?

4. Urgensi Mobil


Sudah pasti pada tahu mengenai membeli mobil baru prosesnya cukup lama. Sebelum dipastikan mobil siap di bawa pulang, anda perlu mengurus BPKB dan STNK mobil terlebih dahulu ini biasanya memakan waktu sekitar 3 bulan. Belum lagi mobil yang anda pilih itu banyak peminatnya, pasti harus melalui proses inden yang menunggu beberapa bulan tergantung dari demand pembeli.

Sementara apabila anda telah menemukan unit mobil second yang cocok dan suka dengan tampilan serta kualitas mobil bagus, anda bisa langsung bisa mengendarainya setelah menyelesaikan proses pembelian karena mobil siap pakai dan surat-surat kelengkapan mobil sudah tersedia langsung.

5. Pajak Kendaraan Bermotor


Terakhir, mengenai bingung beli mobil bekas atau baru yaitu soal pajak kendaraan bermotor. Yang mana akan dibebankan kepada pembeli mobil bekas nantinya. Mengingat biaya pajak kendaraan untuk mobil keluaran lawas pasti lebih rendah daripada mobil bekas keluaran terbaru masa kini.

Besarnya pajak mobil bekas akan terasa berat ketika anda lebih memilih model mobil bekas mewah atau mobil yang harganya di atas Rp 500 juta.

Cara Bijak Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Beli Mobil Bekas Berkualitas

Setelah sobat otoberita membaca tips di atas mengenai bingung beli mobil bekas atau baru, dengan beberapa kelebihan yang telah disebutkan. Dan salah satu kekurangan memilih mobil bekas adalah, bagaimana memastikan kualitas mobil incaran anda sebelum dibeli?

Bagi konsumen baru yang masih awam alangkah baiknya mengajak teman mekanik yang sudah berpengalaman untuk mengecek kondisi mobil bekas tersebut dengan baik. Atau anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional dari OTOSPEKTOR. Daripada nantinya anda merugi saat salah memilih mobil bekas yang mengakibatkan biaya perbaikan yang jutaan rupiah, pastikan cek kondisi mobil bekas sebelum melakukan proses pembelian. Be Smart Buyer!

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama