Beli Mobil Bekas Secara Kredit atau Tunai, Untung Mana?

OTOBERITA.com - Bagi sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi, tentu perlu mempunyai sebuah mobil. Bagaimana menurut anda?

Namun bila di teliti kebanyakan kebutuhan masyarakat akan sebuah mobil tidak jatuh pada satu pilihan saja yaitu mobil baru, ada pula yang lebih memilih beli mobil bekas mengingat beberapa keuntungannya. Dengan demikian bisa di simpulkan bahwa popularitas mobil bekas masih menjadi salah satu primadona di hati penggemarnya.

Tak jarang para pencari mobil sebagai penunjang mobilitas tinggi ada yang merasa bingung. Salah satu pertanyaan yang sering di ajukan ialah, " Beli Mobil Bekas Secara Tunai atau Kredit, Lebih Untung mana? ".

Apakah anda juga mengalami hal yang sama? Perlu diketahui bahwa kedua cara pembayaran mobil bekas baik secara kredit atau tunai, mempunyai kelebihan dan kerugian yang biasanya di sesuaikan dengan kondisi budget anda.

Sehingga dapat di pastikan pertimbangan untuk mengambil keputusan tersebut harus sangat matang untuk membeli mobil kredit atau tunai. Berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai untung dan rugi beli mobil bekas kredit atau tunai.

Beli Mobil Bekas Kredit Atau Tunai Untung Mana

Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Tunai


Sudah menjadi kebiasaan bahwa membeli suatu barang secara tunai akan merasa lebih nyaman dari pada secara kredit yang terkadang membuat banyak fikiran bila salah memilih. Supaya lebih jelas, sebaiknya anda baca di bawah ini poin penting keuntungan beli mobil bekas secara tunai.

1. Jauh Lebih Hemat dan Tanpa Memikirkan Bunga Tambahan


Seperti yang sudah diketahui harga mobil bekas jauh lebih murah di bandingkan harga mobil baru. Dari sini sudah di pastikan anda hemat, apalagi membayarnya secara tunai.

Kenapa demikian?

Bayangkan saja, bila anda sudah menemukan sebuah incaran mobil bekas berkualitas terbaik dengan harga yang jauh lebih murah tanpa harus memikirkan cicilan setiap bulan yang pastinya ada bunga tambahan. Jadi, kesimpulannya bila anda memiliki uang cukup jatuhkan pilihan anda untuk membeli MobKas secara tunai.

Sebelumnya, juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan untuk mobil yang anda beli itu. Mulai dari servis serta perawatan lainnya.

2. Bebas dari Biaya Beban Bulanan


Sudah jelas sekali bila beli mobil tunai tentu tidak perlu lagi memikirkan beban tambahan seperti biaya cicilan perbulan.

Pasti juga ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi selain hanya mencicil mobil idaman. Adapun kebutuhan yang cukup mendominasi sekali sehingga akhirnya kesulitan dalam membayar tagihan cicilan.

Pada dasarnya membeli mobil secara tunai, beban hanya dirasakan ketika mengumpulkan uang dengan jumlah relatif banyak, namun pada akhirnya pasti tidak ada lagi yang perlu anda fikirkan mengenai cicilan perbulan.

Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Tunai


Meski sebenarnya hampir tidak ada kerugian yang di alami ketika membeli suatu barang secara tunai, termasuk beli mobil. Maka lebih tepatnya bukan kerugian melainkan kesulitan yang di lalui saat memutuskan untuk membeli mobil bekas secara tunai.

1. Harus Mampu Menyiapkan Uang dalam Jumlah Banyak


Menyiapkan uang untuk keperluan membeli mobil bekas tentu perlu dilakukan, apabila pembayarannya secara tunai.

Harga mobil bekas sebenarnya murah kisaran harga di bawah Rp 100 juta, berikut rekomendasi mobil murah harga Rp 100 jutaan. 

Namun, beda halnya bila anda memilih membeli mobil bekas antik pasti harganya jauh lebih mahal bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan menyiapkan uang hingga jumlah tertentu pasti juga harus menunggu lama. Jadi perhitungkan juga berapa lama jangka yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang semisal Rp 100 juta. Dan masihkan mobil bekas yang anda incar tersedia saat uang sudah terkumpul.

2. Tidak Adanya Asuransi


Salah satu kendala yang cukup sulit di lalui ketika membeli mobil secara tunai adalah ketersedian asuransi mobil baik itu kondisi baru atau bekas.

Biasanya secara otomatis asuransi mobil hanya diberlakukan untuk transaksi secara kredit. Ini tujuannya untuk pihak pembeli merasa terjamin dan masalah ke depannya nanti akan ditanggung oleh pihak asuransi mobil.

Beda halnya bila anda membeli mobil secara tunai dan mengajukan asuransi mobil sendiri.

Kerugian Beli Mobil Kredit

Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Kredit


Apa yang biasanya dilakukan konsumen ketika tidak memiliki uang cukup untuk membeli barang semisalnya mobil? tentu jawabannya pasti mengajukan kredit.

Bukan hanya pembelian mobil secara tunai yang ada untungnya, tenyata ada pula keuntungan beli mobil bekas secara kredit. Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Bisa Bawa Pulang Mobil Dengan Uang Terbatas


Salah satu keuntungan beli mobil bekas kredit ialah bisa bawa pulang mobil pilihan dengan uang terbatas. Maksudnya adalah membayar uang muka atau DP dari nilai yang telah disepakati sebelumnya. Selanjutnya tinggal memikirkan cicilan perbulannya hingga jangka tempo yang telah ditentukan.

Daya tarik akan beli mobil kredit, merupakan jalan pintas banyak orang yang membutuhkan atau menginginkan mobil namun hanya memiliki uang terbatas. Bagaimana dengan anda?

2. Syarat Pengajuan Kredit Mobil Mudah


Proses cepat, hanya membutuhkan uang sedikit, dan syarat pengajuan mudah. Siapa yang tidak mau?

Selanjutnya anda perlu menyiapkan uang dan beberapa berkas tambahan yang menjadi persyaratan pengajuan kredit mobil. Lantas, apa saja berkas yang dibutuhkan?

Hampir semua persyaratan kredit di berbagai tempat itu sama hanya perlu menyiapkan Fotocopy KTP (Kartu Tanda Pengenal), Fotocopy KK (Kartu Keluarga), Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Slip Gaji.

Semua berkas itu digunakan untuk jaminan bahwa anda benar-benar ingin mengajukan kredit. Bahkan kesanggupan anda membayar cicilan setiap bulan bisa dilihat dari bukti slip gaji maupun rekening koran.

Maka alangkah baiknya pastikan terlebih dahulu gaji anda cukup disisihkan untuk membayar angsuran setiap bulan diluar kebutuhan pokok lainnya. Jika dirasa semua berkas dan pengajuan kredit di setujui, langkah selanjutnya anda tingga menandatangani perjanjian kredit mobil.

3. Dapat Asuransi Mobil


Setiap pembelian mobil secara kredit baik itu bekas maupun kondisi baru pasti akan langsung diarahkan untuk asuransi mobil.

Dengan di asuransikan mobil pilihan anda itu akan merasa lebih untung karena mobil yang di beli sudah terjamin.

harga kredit mobil mahal

Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Kredit


Setelah faham mengenai keuntungan beli mobil bekas kredit, sebaiknya anda juga membaca penjelasan mengenai beberapa kerugian beli mobil bekas kredit di bawah ini.

1. Harga Jauh Lebih Mahal 


Disadari atau tidak, bahwa membeli barang secara kredit justru harganya jauh lebih mahal daripada secara tunai, termasuk beli mobil bekas.

Kenapa bisa demikian?

Karena beli mobil kredit pasti ada bunga yang di masukkan dalam besaran cicilan setiap bulannya. Ilustrasinya seperti ini.

Harga Mobil Bekas Rp 70 juta, dengan DP 20% atau Rp 14 juta anda bisa bawa pulang mobil idaman tersebut. Dan anda pilih kredit jangka waktu 2 tahun serta setiap bulan dikenai angsuran sebesar Rp 3,75 jutaan (sudah termasuk bunga). Maka hasil akhir hingga jatuh tempo sebesar Rp 90 juta + dp 14 juta jadi total keseluruhan Rp 104 juta.

Harga mobil yang mulanya hanya Rp 70 juta bila di bayar secara tunai, menjadi bengkak mencapai Rp 104 juta dibayar secara kredit. Itulah salah satu kerugian beli mobil bekas secara kredit harganya jauh lebih mahal.

2. Pengeluaran Bulanan Anda Meningkat


Ketika anda memutuskan membeli mobil kredit, maka perlu menyisihkan uang setiap bulannya selama periode tertentu. Bahkan anda juga perlu memperhitungkan kebutuhan pokok sehari-hari.

Dampak yang biasanya terjadi pada konsumen yang memilih kredit mobil yaitu saat sudah berjalan beberapa bulan akan merasa cukup sulit dan pengeluaran bulanan meningkat. Apalagi bila ada biaya tambahan mendadak semisal biaya study tour anak anda. Sudahkah anda memperhitungkan hal seperti itu?

3. Mobil Bisa Disita


Membeli mobil secara kredit tentu ada cicilan setiap bulannya. Dan bila anda sampai telat membayar hingga menunggak berbulan-bulan di pastikan mobil anda kan di sita.

Batas penyiataan mobil, biasanya hingga anda sudah bisa membayarnya secara lunas tunggakan cicilan mobil.

Kalau sudah terjadi hal seperti itu, Bagaimana? Pasti pusing dan bingung.

Oleh sebab itu sebelum memutuskan membeli mobil bekas baik itu secara kredit atau tunai harus benar-benar dipertimbangkan dahulu. Dengan begitu anda sudah siap menanggung segala resiko yang di alami nantinya.

Itulah ulasan beli mobil bekas secara kredit atau tunai, lebih untung mana? Pasti anda bisa menyimpulkan sendiri ketika sudah membaca pembahasan di atas dengan benar. Jangan lupa tinggalkan komentar sobat otoberita.

Jangan lupa share artikel "Beli Mobil Bekas Secara Kredit atau Tunai, Untung Mana?" dengan menekan tombol sosial media di bawah ini

Artikel Terkait

Posting Komentar

Berlangganan Gratis ! Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami