6 Tips Wajib Mobil Siap Pakai Untuk Mudik Ke Kampung Halaman

OTOBERITA.com - Lebaran sebentar lagi datang, dan liburan panjang telah tiba. Tentu hampir semua orang ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara atau orang tua yang kini berada di kampung halaman. Banyak orang memilih mudik dengan mobil pribadi yang bisa dibilang cukup nyaman dan pasti bisa sekalian berkunjung ke tempat wisata sekitar kampung halaman, bahkan ada pula yang memakai alat transportasi umum bagi yang tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Lantas, seperti apa mobil pribadi siap pakai untuk mudik ke kampung halaman? Berikut di bawah ini ada 6 Tips aman untuk memastikan mobil siap untuk di bawa perjalanan mudik.

6 Tips Wajib Mobil Siap Pakai Untuk Mudik Perjalanan Jauh

1. Cek Oli dan Cairan Lain


Jangan lupa anda memeriksa bagian oli, baik itu kondisi atau volume oli mesin tersebut. Selain itu juga perlu periksa bagian power steering, transmisi, dan coolant mesin pastikan semua dalam keadaan baik dan berasa cukup untuk mencegah terjadinya kerusakan pada saat perjalanan mudik. Perlu mengisi air wiper, sebab kaca depan sering kotor akibat berpergian jauh. Baca buku manual mobil pastikan tidak ada komponen yang terlewatkan.

2. Cek Catatan Servis Mobil Yang Terakhir


Kapan anda terakhir melakukan servis mobil? Apakah kilometer pada mobil sudah mendekati waktunya servis? Jika itu benar, sebaiknya anda langsung membawa ke bangkel terpercaya untuk melakukan servis secara berkala. Sebab mobil pribadi anda nantinya akan dibawa mudik, maka alangkah baiknya bila kondisi mobil sudah dalam keadaan prima sebelum menempuh perjalanan jarak jauh.

3. Cek Kondisi Ban Mobil


Sebelum berangkat mudik perjalanan jauh, sebaiknya anda perlu mengecek kondisi ban mobil. Pastikan tekanan angin semua ban sudah pada kondisi optimal sesuai yang telah dicatat pada buku manual. Cek juga kedalaman alur ban, bila sudah botak alias aus tidak ada kembang ban sebaiknya segera di ganti dengan ban baru untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Jangan lupa persiapkan ban cadangan dalam keadaan prima dan siap digunakan sewaktu-waktu.



4. Cek Lampu-Lampu Mobil


Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik meliputi lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, dan lampu hazard. Jika ada lampu mobil yang tidak berfungsi baik alias mati, segeralah ganti bohlam yang sudah rusak tersebut. Adapun cara mengganti bohlam lampu pada umumnya cukup mudah dan ada pada buku manual mobil, bisa anda buka dan baca cara memasang bohlam yang benar pada mobil.

5. Cek Kondisi Rem Mobil Pribadi


Hal yang tak kalah penting selain melakukan servis dan mengecek beberapa komponen mobil seperti lampu dan ban mobil, yaitu cek kondisi rem mobil. Pastikan rem mobil sudah berfungsi dengan normal tanpa ada gangguan atau bermasalah ketika melakukan pengereman mobil. Cek juga bagian oli rem, kondisinya harus baik dan cukup. Hal ini untuk menghindari yang tidak diinginkan ketika berpergian jarak jauh alias mudik.



6. Jangan Lupa Alat Darurat Tersedia


Jangan lupa anda membawa kelengkapan alat-alat yang sering diperlukan dalam keadaan darurat seperti alat ganti ban mobil, segitiga pengaman, ban cadangan, dan jumper kabel. Diketahui fungsi segitiga pengaman ini untuk mengamankan ketika anda melakukan pergantian ban mobil darurat di pinggir jalan.

Itulah di atas tips-tips mobil siap pakai untuk mudik ke kampung halaman. Selain kondisi mobil dalam keadaan prima, alangkah baiknya juga kondisi anda juga harus prima agar tidak terjadi hal yang di inginkan ketika berpergian jauh atau mudik. Pastikan anda beristirahat dengan cukup serta menjaga kondisi fisik selama mengemudi dan jangan memaksakan berkendara ketika kondisi mengantuk sebaiknya menepi atau mampir ke tempat peristirahatan sementara seperti di SPBU.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama