6 Cara Mudah Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

OTOBERITA.com - Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas atau baru. Pastikan anda selalu merawat mobil dengan baik agar kondisinya selalu prima saat digunakan untuk aktifitas mobilitas. Perlu anda ketahui ketika melewati jalan pasti ada yang mulus dan ada jalanan yang rusak berlubang atau tidak rata, hal ini mengakibatkan masalah dibagian kaki-kaki mobil. Sebab bagian tersebut selalu identik dengan sentuhan langsung dengan jalan, maka tingkat kenyamanan berkendara ditentukan oleh kondisi kaki-kaki mobil.

Lantas, bagaimana cara paling mudah untuk memeriksa kondisi komponen kaki-kaki mobil? Berikut di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Long Tie Rod dan Tie Rod

Tie Rod Pada mObil

Diketahui bahwa Tie Rod merupakan komponen yang mampu meneruskan pergerakan setir ke ban mobil. Sehingga untuk memeriksa bagian tie rod anda perlu melakukan dongkrak mobil terlebih dahulu. Setelah mobil terangkat, pegang dibagian ban serta coba anda gerakkan ban ke kanan dan ke kiri, seperti halnya mobil mau berbelok. Jika anda mendengarkan bunyi seperti beradu atau gesekan semacamnya, ini artinya komponen tie rod terdapat masalah.

2. Karet Bushing Arm

karet bushing arm mobil

Apa itu Karet Bushing Arm? komponen itu yang menjaga gerak naik turunnya ban pada as roda. Apabila terjadi kerusakan, biasanya ada bunyi ketika anda melewati jalanan yang tidak rata. Cara mengecek kondisi karet bushing arm cukup mudah yaitu dengan belokkan setir ke kiri atau ke kanan hingga mentok, selanjutnya perhatikan komponen tersebut yang berbahan karet melingkar berwarna hitam pada ujung as roda mobil. Jika anda perhatikan ada retakan atau semacam karet pecah berarti ada masalah dan perlu diganti dengan yang baru.

3. Ball Joint

Ball joint mobil

Fungsi ball joint adalah salah satu komponen yang mengikat dan menjadi sumbu lower arm alias as roda mobil. Yang mana komponen ini bisa mempertahankan posisi as roda selalu pada tempatnya ketika mobil mau berbelok. Sedangkan cara mudah mengecek kondisi ball joint, cukup dengan dongkrak mobil kemudian anda coba tekan ban ke atas dan ke bawah. Apabila tidak ada bunyi ataupun gesekan ketikan melakukan hal tersebut, ini artinya ball joint masih dalam kondisi baik.

4. Bearing Roda

bearing roda mobil

Kondisi bearing roda akan aus ketikan mobil sudah menempuh jarak beribu-ribu kilometer. Cara mengecek kondisi bearing roda masih layak pakai atau perlu diganti karena aus cukup mudah yaitu dengan mendongkrak mobil selanjutnya coba putar ban searah jarum jam. Apabila ada suara decitan dan terasa ada getaran ini dipastikan kondisi bearing roda sudah aus.

Cara lain mengecek bearing roda dengan melakukan test drive mobil. Saat anda melaju dan mendengar suara dengungan pada roda yang semakin kencang bila anda memacu mobil dengan kecepatan tinggi, ini tandanya bearing roda sudah aus dan perlu diganti yang baru.

5. Shockbreaker

shockbreaker pada mobil

Cara paling ampuh memeriksa kondisi shockbreaker pada mobil yaitu dengan melakukan test drive melewati jalanan yang berlubang atau tidak rata. Apabila guncangan terasa tidak keras dan tidak ada bunyi itu tandanya masih baik.

Selain dengan cara melakukan test drive, kondisi shockbreaker bisa dilihat dari fisiknya. Letaknya tepat antara ban dengan fender mobil, pastikan tidak ada rembesan atau kebocoran pada tabung shockbreaker.

6. Velg dan Ban Mobil

velg dan ban mobil

Cara mudah mengecek kondisi velg mobil masih bagus ialah dengan memperhatikan setir kemudi adakah getaran ketika melaju pada kecepatan tinggi. Apabila ada getaran, ini merupakan salah satu indikasi kondisi velg mobil sudah tidak rata alias penyok. Cara lainnya cukup dengan memperhatikan bentuk fisik velg mobil adakah gelombang, retakan atau penyok.

Sedangkan untuk mengecek kondisi ban mobil cukup mudah dengan memperhatikan bagian kedalaman kembangan atau alur ban, pastikan masih cukup dalam serta permukaan ban tidak mengalami keausan. Selain kondisi fisik ban mobil, perhatikan pula karet ban adakah retakan dan masih tetap elastis. Apabila sudah terdapat retakan dan permukaan ban sudah aus, untuk mencegah terjadinya pecah ban di jalan saat melaju dengan kencang yang mengakibatkan kecelakan, alangkah baiknya segera ganti ban dengan yang baru.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Ban Mobil.

Pemeriksaan pada kaki-kaki mobil bekas


Perlu diingat bahwa kaki-kaki pada mobil bekas rentan sekali mengalami kerusakan. Diakibatkan oleh pemakaian mobil serta semua komponen kaki-kaki mobil selalu bergerak saat mobil dipakai. Semoga tips memeriksa kondisi kaki-kaki mobil di atas bisa anda terapkan dan bila waktunya untuk diganti dengan yang baru, jangan menunda hingga sampai sudah parah yang membahayakan anda sendiri nantinya.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama