5 Cara Mudah Mengetahui Odometer Asli Pada Mobil

OTOBERITA.com - Setelah tahu bagaimana tips memilih mobil bekas berkualitas agar mendapatkan keutungan. Alangkah baiknya anda memperhatikan poin penting ketika membeli mobil bekas idaman yaitu sudah berapa kilometerkah mobil tersebut. Atau bisa dikatakan sudah sejauh mana mobil itu melaju dalam satuan kilometer. Meski pada umumnya banyak yang sudah yakin atau percaya bahwa kilometer yang tertera pada mobil bekas itu asli.

Namun pada kenyataan masih ada segelintir penjual mobil bekas yang tidak jujur mengenai odometer mobil palsu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa menaikkan harga jual mobil. Seperti yang telah diketahui bahwa odometer asli masih mencapai ribuan kilometer saja pasti memiliki harga jual yang relatif tinggi dibandingkan puluhan hingga ratusan ribu kilometer. Hal ini menentukan pemakaian mobil dalam menunjang mobilitas yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara mudah mendeteksi atau mengetahui keaslian pada odometer mobil?

Berikut di bawah ini 5 Tips memastikan keaslian kilometer mobil atau odometer pada mobil bekas yang akan di beli.

1. Catatan Servis Mobil Atau Riwayat Mobil

Catatan Servis Mobil

Perlu diketahui ketika membeli mobil bekas di showroom yang telah memiliki service record atau riwayat servis mobil itu secara lengkap di bengkel resmi, merupakan cara paling efektif untuk meminimalisir manipulasi odometer asli. Cukup anda mengecek catatan servis terakhir pada buku panduan servis. Kemudian menghubungi bengkel yang bersangkutan untuk sekedar mengkonfirmasi keaslian tulisan yang tertera pada buku.

Namun kendalanya kini banyak mobil second yang dijual tanpa adanya buku catatan servis secara resmi, kemungkinan mereka servis mobil tidak di bengkel resmi. Maka dari itu cara cek keaslian odometer mobil bisa dari kondisi fisik mobil itu sendiri.

2. Kondisi Fisik Mobil Yang Dijual


Biasanya jarak tempuh yang sudah dilalui oleh kendaraan bisa di lihat dari kondisi fisik kendaraan tersebut. Artinya bila mobil itu sudah menempuh jarak jauh pasti ada ciri yang bisa dikenali mulai dari interior mobil, mesin, hingga kaki-kaki mobil.

Berikut tanda-tanda kondisi fisik mobil yang sudah menempuh jarak jauh, seperti :
  • Kondisi mesin mobil sudah berkerak dan suara mesin kian kasar.
  • Interior mobil seperti setir akan terlihat kusam, sedangkan jok mobil pasti akan terlihat pecah-pecah, serta padal mobil biasanya sudah sedikit aus.
  • Kaki-kaki mobil meliputi komponen bushing, link stabilizer, boot sudah aus tentunya.

Jika anda menemukan salah satu tanda seperti di atas, namun kilometer yang ada pada odometer masih rendah. Di pastikan pemiliki mobil second sudah memanipulasi odometer asli tersebut.

3. Tahun Pembuatan Mobil Yang Dijual


Selain kondisi fisik dan catatan servis mobil, perhatikan pula tahun pembuatan mobil. Apakah sesuai dengan keaslian kilometer pada odometer dengan usia mobil?

Rata-rata untuk mobil niaga hanya menempuh kurang lebih 20.000 Km pertahun. Sedangkan mobil mewah yang hanya di pakai pada akhir pekan saja, kemungkinan pemakaian hanya sekitar 10.000 Km pertahun.

Sehingga anda bisa menyimpulkan bila kilometer mobil jauh lebih rendah di bandingkan usia mobil. Sebaiknya tanyakan pada pemilik kendaraan tersebut. Bagaimana pola pemakaian mobil tersebut?

4. Tampilan Ban Mobil


Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Maka jangan lewatkan untuk pengecekan ban mobil rata-rata diganti setelah 30.000 - 35.000 Km. Sehingga anda bisa memastikan semua ban mobil masih orisinil dari pabrikan, bila kilometer mobil masih di bawah rata-rata penggantian pertama pada ban.

Cara yang perlu anda lakukan yaitu mencocokkan tahun pembuatan mobil dengan ban tersebut. Jika kondisi ban sudah tidak orisinil padahal kilometer masih rendah, dapat di pastikan ban sudah di ganti dengan yang baru.

5. Adanya Bekas Congkelan Pada Odometer Analog

Congkelan pada odometer analog

Tips mengetahui keaslian odometer mobil palsu yang terakhir ialah pada kondisi odometer itu sendiri. Namun cara ini hanya berlaku pada model odometer manual atau analog. Biasanya oknum yang berbuat curang itu melakukan pemutaran pada odometer analog dengan cara membuka atau mencongkel dashboard mobil.

Maka anda perlu memperhatikan adakah bekas congkelan pada dashboard, jika ada pasti kemungkinan kilometer pada odometer itu palsu alias sudah di manipulasi.

Kesimpulan


Banyak cara yang dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas atau second incaran anda baik di showroom ternama maupun penjual perorangan. Mulai dari tips memilih mobil bekas hingga memastikan kondisi mobil asli salah satunya mengenai odometer. Be Smart Buyer, Sobat otoberita.com

Jangan lupa share artikel "5 Cara Mudah Mengetahui Odometer Asli Pada Mobil" dengan menekan tombol sosial media di bawah ini

Artikel Terkait

Posting Komentar

Berlangganan Gratis ! Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami