5 Cara Menilai Orisinalitas Mobil Bekas Berkualitas Terbaru

OTOBERITA.com - Ingin beli mobil bekas berkualitas? Tapi takut kalau nantinya mobil tersebut ternyata ada masalah yang serius meliputi mesin hingga fitur lain, padahal kondisi fisik mobil seolah seperti baru namun bercita rasa mobil second. Memang sebenarnya tidak semua varian mobil bekas yang dijual di pasaran roda empat Indonesia seperti di showroom mobil dalam kondisi prima sepenuhnya.

Bisa jadi mobil second itu sebelumnya tidak terawat dan ketika masuk ke showroom di permak sedemikian rupa agar tampil menarik alias di poles. Sedangkan spare part lainnya ada yang diganti dengan part kualitas tiruan alias KW, bukan orisinil.

Namun ada pula beberapa mobil bekas yang benar-benar berkualitas meski sudah berusia puluhan tahun, kondisi fisik atau mesin masih cukup baik. Bahkan Orisinalitas mobil bekas bisa dijamin. Tapi ini semua tergantung pemilik sebelumnya mobil second tersebut, bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar.

Mengingat bila mobil bekas masih dalam kondisi orisinil, bukan tidak mungkin akan memiliki nilai yang lebih di mata calon pembeli.

Berikut ini 5 cara menilai orisinalitas mobil bekas terbaru ala otoberita.


1. Cek Bodi Masihkah "Mulus"


Seperti yang telah diketahui bahwa kemulusan bodi bukan jaminan mobil second itu tidak pernah ada masalah. Namun paling tidak perhatikan seluruh bagian bodi mobil mulai dari depan ke belakang kondisinya kondisinya sedikit ada baretan, itulah cara kita menilai kualitasnya.

Apalagi bila pemilik mobil itu rajin merawat hingga bodi nampak kinclong seperti kondisi mobil baru. Ini artinya pemilik mobil memperhatikan kualitas orisinil mobil tetap terjaga dengan baik.

2. Tidak Ada Bekas Tabrakan pada Bodinya

Bodi Mobil Bekas Tabrakan atau Goresan

Perlu di ingat sebagian besar riwayat bekas tabrakan mobil bisa di minimalisir dengan perbaikan bodi. Namun, bila anda melakukan pengecekan secara jeli, masih tetap bisa mengetahui adanya bekas tabrakan terutama yang hebat sekalipun.

Ciri mobil bekas tabrakan paling umum adalah adanya celah antara bodi yang bergeser atau malah berganti. Beberapa sambungan panel pasti tidak simetris alias rata seperti mobil normal lainnya.

3. Tidak Ada Bekas Dempulan Bodi


Sudah menjadi nilai plus tersendiri bila mobil bodinya belum pernah di perbaiki alias orisinalitas. Beda halnya bila mobil sudah pernah masuk bengkel bodi.

Cara sederhana untuk mengetahui mobil bekas dempulan bisa dengan diketuk-ketuk beberapa bagian bodi dengan jari. Kalau masih orisinil tentu suaranya akan nyaring seperti kaleng, dan berlaku sebaliknya kalau sudah pernah di perbaiki tentu suara terasa berat.

4. Kondisi Cat Mobil Masih Asli


Meski pemilik mobil sebelumnya melakukan perawatan dengan baik dan benar, pasti cat mobil lama tidak sekinclong mobil yang baru keluar dari diler. Tentu ada beberapa bagian bodi yang tampak termakan usia, hal ini cukup wajar karena pemakaian mobil sehari-hari pasti berdampak pada kualitas cat mobil.

Pada mobil yang belum pernah di cat ulang alias masih orisinil sama seperti dulu, pasti mempunyai nilai plus tersendiri. Sebab keorisinalitas cat sebuah mobil harganya relatif mahal.

5. Tampilan Interior Masih Asli

Interior Mobil Masih Orisinil

Pada mobil umumnya yang sudah terpakai bertahun-tahun pasti tercermin kondisi interiornya. Baik itu sudah pernah di modifikasi interior atau memang ada yang diganti karena rusak. Ini artinya ada beberapa aksesoris mobil yang sudah hilang.

Kondisi interior yang masih asli biasanya tercermin dari pemilik mobil yang mampu merawat dengan baik. Dan tentunya memiliki nilai yang cukup istimewa.

Kesimpulan


Dalam memilih mobil bekas yang pertama sesuaikan dengan kebutuhan, meski terkadang tidak bisa semulus kondisinya. Maka harus cermat dalam memilih, agar suatu saat tidak menimbulkan kerugian. Dan yang terpenting pertimbangkan soal orisinalitas mobil bekas yang anda pilih nantinya. Baca juga kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas perorangan.

Jangan lupa share artikel "5 Cara Menilai Orisinalitas Mobil Bekas Berkualitas Terbaru" dengan menekan tombol sosial media di bawah ini

Artikel Terkait

Posting Komentar

Berlangganan Gratis ! Daftarkan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan setiap update artikel terbaru, dan jangan lupa untuk IKUTI Blog kami