Tips Persiapan Touring Motor Jarak Jauh

OTOBERITA.com- Tips Persiapan Touring Motor Jarak Jauh. Jumpa lagi pada kesempatan kali ini sobat otoberita, semoga senantiasa sehat selalu dan tentunya tak lupa mampir ke blog Otoberita. Hanya untuk mengetahui berita terbaru atau Tips Otomotif yang bermanfaat bagi kalian sobat otoberita. Kali ini admin mau membahas soal Tips Persiapan Touring Motor Jarak Jauh, pasti ulasan di bawah ini sangat cocok bagi kalian para pecinta touring. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Tips Persiapan Touring Motor Jarak Jauh

Persiapan Motor

Motor harus dalam keadaan fit, diperiksa dan tune-up di bengkel. Setidaknya servis motor dilakukan dibengkel resmi ATPM, karena anda memerlukan jaminan jika ada ada sesuatu dalam perjalanan khususnya “engine trouble” maka anda dapat menuju bengkel resmi ATPM yang bisa ditemukan didaerah.

Jangan lupa mengatakan kepada pihak bengkel kalau pemeriksaan dan tune-up ini untuk keperluan mengikuti touring jarak jauh ke kota Sabang (misalnya). Anda harus jujur kepada bengkel mengenai tujuan dan rute perjalanan touring jauh yang dimaksud agar pihak bengkel mengatisipasi semua kebutuhan motor.

Juga, jangan lupa minta jaminan untuk semua parts yang tidak diganti, apa dan bagaimana, atau juga jaminan untuk parts yang sudah diganti apakah motor sudah layak menempuh jarak sekian KM sesuai dengan rencana perjalanan dan rute yang anda inginkan.

Semua saran dan masukan dari para mekanik bengkel selalu dipertimbangkan, karena hal ini semata hanya demi kebaikan dan suksesnya perjalanan touring jarak jauh yang diinginkan.

Biasanya bengkel resmi menggunakan produk standard (bukan modifikasi). Jika touring jarak jauh maka biasanya kondisi motor dibuat sebagai motor standard, yaitu memakai knalpot standard, bermesin standard, shock breaker standard, lampu dan kelistrikan juga harus dibuat standard.

Perlengkapan Pribadi

Bawa jaket touring, sarung tangan, sepatu boot, rompi, helm berkualitas, dan jaket hujan, Juga bawa celana dalam ganti, perlengkapan mandi, dan kalau anda pengguna kacamata minus maka jangan lupa bawa kacamata cadangan. Bawa alat jaring (net), tali penyangga, topi dan kupluk jika tujuan ke lokasi yang ber suhu dingin. Kalau perlu bawa sandal, dan celana pendek.

Alat komunikasi handphone, charger handphone, dan kamera jangan pernah dilupakan.

Jika perjalanan bersifat adventure touring, dimana anda memang belum pernah menuju ke lokasi tujuan atau tempat tersebut, mungkin lokasinya masuk dalam kawasan terpencil, atau jauh dari kota besar, maka anda perlu bawa perangkat outdoor/perangkat adventure antara lain pisau lipat, dan alat navigasi (GPS).

Peta/map bisa dibawa, bahkan jangan sampai rusak kena hujan, atau hilang selama perjalanan. Ketika anda ikut rombongan (group touring) selalu membiasakan diri bawa peta sendiri, pasalnya anda perlu mengetahui jarak perjalanan, serta kota-kota yang akan dilalui.

Peralatan Wajib Anda Bawa Saat Touring Motor

1. Jaz Anti Hujan

Jaket menjadi salah satu pakaian
yang paling penting untuk dibawa saat touring motor. Sebab Anda akan
menghabiskan banyak waktu di jalanan dengan kondisi dan cuaca yang tak tentu.
Dengan penggunaan Jaket Anti Hujan, Anda pun bisa terhindar dari rasa
kedinginan dan pakaian Anda terhindar dari basah karena hujan.

2. Obat - Obat an ( P3K )

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
dalam perjalanan touring motor wajib adanya. Bukan hanya sebagai pertolongan
pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak
P3K juga berguna jika Anda mengalami gejala tidak enak badan saat berpergian

3. Uang Tunai 

Bagi sebagian orang membawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Padahal hal ini sebenarnya diperlukan saat
Anda melewati rute touring motor yang daerahnya tak memiliki ATM atau bank sekalipun.
Hanya saja, selalu pisahkan uang Anda di beberapa tempat tertentu di luar
dompet Anda, sekedar untuk berjaga-jaga dari kemungkinan Anda mengalami
pemerasan atau dompet Anda hilang saat berkendara.

4. Tool Kit ( kunci )

Untuk mempermudah Anda selama perjalanan touring motor, motor Anda wajib
disediakan dengan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut
motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor di motor, Anda
masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar