Tips Cara Mudah Merawat Ban Mobil

OTOBERITA.com - Merawat Ban Mobil, memang suatu keharusan bagi pemiliknya karena ban merupakan komponen utama dan sangat berpengaruh dalam berkendara. Walaupun ban mobil memiliki waktu kadaluarsa, hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila Anda mampu merawatnya dengan baik. Berikut di bawah ini cara mudah merawat ban mobil dengan benar dan tepat.

Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan


  • Rajin Melakukan Pengecekan Visual

Pengemudi atau pemilik mobil juga harus melakukan pengecekan visual secara teratur. Cara ini tak perlu ke bengkel, sebab Anda cukup memeriksanya. Jika merasa telah melaju di kondisi jalan berlubang atau menabrak trotoar bahkan puing-puing di jalanan.

Jika terdapat tonjolan atau sayatan, hal ini bisa saja berakibat mengurangi daya tahan internal ban. Bahkan hal terburuk adalah ban bisa meledak.

Maka dari itu lakukan inspeksi visual pada ban mobil secara rutin untuk mengidentifikasi berpotensinya masalah sebelum terjadi kecelakaan.

Nah, jika anda memang ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Ada baiknya terlebih dahulu pemeriksaan oleh profesional untuk memastikan kondisi ban laik pakai.

  • Hindari Melintas di Jalan yang Rusak

Saat melintasi jalanan yang tidak rata atau bahkan rusak, beban yang ditanggung oleh ban mobil menjadi meningkat. Belum lagi jika kendaraan anda harus melaju dijalan yang berbatuan dan cukup tajam. Bisa dipastikan, kondisi jalan seperti ini akan membuat ban kendaraan anda cepat tipis atau bahkan rusak. Sebaiknya hindari jalanan rusak. Jikalau tidak bisa, Anda bisa lebih berhati-hati ataupun mengurangi kecepatan ketika sedang melaju di jalanan seperti ini. Selain itu, pilihlah ukuran ban yang sesuai dengan standart mobil Anda. Cara ini cukup efektif untuk menjaga ban kendaraan agar tidak cepat rusak.

  • Jaga Tekanan Angin Pada Ban Kendaraan

Hal terpenting yang sebaiknya anda utamakan yaitu periksa tekanan ban mobil. Pastikan tekanan angin berada di angka standart, jangan over atau under inflation. Over Inflation atau diatas standart akan membuat bagian tengah ban cepat halus dan casing ban cepat rusak.

Under Inflation atau tekanan dibawah standart akan menyebabkan keasusan ban tidak merata, menimbulkan panas berlebih dan memperburuk handling. Selain itu, kendaraan juga jadi lebih boros bensin. Tekanan angin yang sesuai standart akan membatu menjaga daya tahan ban kendaraan. Efeknya ban dapat dipakai sampai umut maksimal. Hal tersebut berlaku baik untuk mobil bekas maupun mobil baru masa kini.

  • Selalu Cek Kondisi Ban Kendaraan

Dengan memeriksa kondisi ban secara rutin. Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban. Jika memang sudah waktunya anda untuk mengganti ban mobil. Maka carilah ban yang memang sesuai dengan kendaraan anda, baik dalam hal ukuran maupun kualitasnya. Anda bisa menemukan ban yang tepat dan berkualitas di tempat penjualan ban yang terpercaya.

  • Alangkah Baiknya Berkendara yang Baik dan Benar

Menerapkan perilaku berkendara yang baik dan benar dapat menjaga keawetan ban mobil yang anda gunakan. Contoh berperilaku berkendara yang baik dan benar seperti tidak mengubah kecepatan secara dratis, tidak melakukan pengereman secara mendadak. Dan mengeluarkan barang-barang di dalam mobil yang tidak penting agar beban yang ada pada mobil senantiasa terjaga. Perilaku seperti ini terbukti dapat membuat ban mobil lebih awet dari biasanya.

  • Melakukan Spooring dan Balancing

Dalam masa pemakaian, melakukan spooring dan balacing ban secara berlaka adalah langkah yang sangat dianjurkan. Selain untuk menjaga kestabilan anda saat mengemudi. Spooring dan balancing mobil juga menjaga agar masa pakai ban mobil dapat lebih merata atau tidak halus sebelah.

  • Jangan Langsung Mencabut Penyebab Ban Mobil Bocor

Bukan tidak mngkin ban mobil anda terkena musibah di perjalanan. Salah satu contohnya saja ban tertusuk paku atau potongan besi di jalan.

Jika anda melihat ada paku atau benda aneh yang menancap di ban mobil, jangan langsung dicabut. Jika dicabut, maka seluruh angin ban mobil anda akan keluar dan ban mobil menjadi kempes.

Cara Mengganti Ban Mobil Yang Kempes

Tips Cara Mudah Merawat Ban Mobil

Cabutlah benda asing yang menancap di ban mobil anda saat berada ditukang tambal ban. Atau jika memungkinkan, langsung lepas dan ganti dengan ban cadangan mobil yang anda bawa. Barulah kemudian bawa ban yang tertancap paku ke tukang tambal ban untuk diperbaiki.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah merawat ban mobil bagi anda pemilik mobil. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menjadi acuan dalam melakukan perawatan ban mobil.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar